Bukan Sekedar Membaca Buku

Bila sebuah perpustakaan hanya menitik beratkan pada meminjam buku terus pulang, tanpa ada kegiatan tambahan, sudah dipastikan masyarakat tak begitu merespon dengan sebuah komunitas positif ini.

Mahasiswi Oseanografi ITB Bandung memberikan hadiah buat anak RBA Garut yang karya tulisannya bagus
Tujuan utama pendirian sebuah taman bacaan/rumah baca adalah meningkatkan minat baca pada masyarakat. Namun, sangat kaku kiranya bila sebuah perpustakaan hanya melulu membaca buku saja. Harus ada terobosan baru untuk mengajak masyarakat agar lebih berminat membaca buku.

Banyak cara supaya masyarakat berbondong-bondong untuk datang ke taman bacaan. Dengan mengadakan program-program yang mendukung pada tujuan utama, meningkatkan minat baca.

Bila sebuah perpustakaan hanya menitik beratkan pada meminjam buku terus pulang, tanpa ada kegiatan tambahan, sudah dipastikan masyarakat tak begitu merespon dengan sebuah komunitas positif ini. Kreatifitas para pengelola sangat dibutuhkan dalam hal ini. Ide kreatifitas itu tidaklah mahal. Mencari lalu menggali, sesudah itu dikembangkan. Jangan samapai keterbatasan menghambat kekreatifitasan seseorang.

Sekedar tahaduts bi ni’mah. Selama ini perpustakaan dhuafa Rumah Baca Asma Nadia (RBA) Garut mengadakan beberapa program yang menunjang pada minat baca. Diantaranya, pelatihan mewarnai/menggambar, komputer, public speaking, dll.

Apakah kami punya computer banyak? Alhamdulillah, meskipun satu komputer yang kami miliki masih bisa membantu anak-anak agar tak gagap akan teknologi. Mereka harus siap dengan perkembangan zaman saat ini.

Tak Sekedar Membaca Buku

Rumah Baca Asma Nadia Garut mencoba menjadi fasilatator untuk mereka yang sangat membutuhkan. Memberikan santunan kepada anak yatim, piatu dan dhuafa menjadi program rutinan RBA Garut. Pun dengan alat-alat pendidikan, peralatan ibadah (mukena, Al Qur’an) sampai baju layak pakai, kami mencoba sebagai penyambung dari para donator.

Tak sekedar membaca buku, kami pun merasa tergerak untuk membaca lingkungan. Membaca masyarakat yang jauh dari kehidupan yang layak. Mengajak masyarakat untuk lebih peka pada kenyataan bahwa masih banyak anak-anak (terlebih yatim piatu) yang masih harus dibantu.

Istiqamah dan kesabaran selalu kami pinta, semoga banyak jalan untuk mempunyai rumah belajar bagi mereka. Rumah yang akan kami jadikan basecamp yatim piatu & dhuafa.

About RBA Garut

Rumah Belajar GRATIS Anak-anak Yatim dan Dhuafa.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar